Tim sepak bola Burkina Faso



Team sepak bola Burkina Faso terbagi dalam beberapa pemain Burkinabè paling baik di bawah naungan Asosiasi Sepak Bola Burkina Faso (FBF). Timnas dinamakan team sepak bola Upper Volta sampai 1984 , saat Upper Volta jadi Burkina Faso. Beberapa pemain Burkina Faso dipanggil "Stallions" merujuk pada simbol negara serta legenda Putri Yennenga serta kudanya.
Burkina Faso capai perform terbaik pada tahun 2010-an, capai final Piala Afrika 2013 dan finish dalam tempat ke-3 di edisi 2017. Team usai dalam tempat ke-4 di edisi 1998 , dimainkan di dalam rumah.

Asosiasi Sepakbola Voltaic dibangun pada 1960 , dibangun kemerdekaan negara itu 2. Penciptaannya yang cepat mengidentifikasi kemauan beberapa pimpinan politik pada saat itu untuk memperjelas kedaulatan negara yang baru lahir, seperti pernyataan di PBB : "Semenjak negara Volta barusan mendapatkan hak penuhnya kemampuan nasional serta internasional, [...], pada tingkat olahraga, kami harus juga memperoleh otonomi penuh kami " (Maxime Ouédraogo, presiden pertama Asosiasi Volta di majelis konstitutif pada Juli 1960 3 ).

Pernyataan internasional ini, asosiasi Volta mendapatkannya di tahun 1964 dengan afiliasinya beruntun ke FIFA serta Konfederasi Sepak Bola Afrika 4. Laga sah pertama negara itu (dengan nama Haute-Volta ) dimainkan menantang Gabon , di Madagaskar , pada 13 April 1960 , serta usai dengan kemenangan Volta dengan score lima gol jadi 4 5.

Keterlibatan pertama dalam pertandingan internasional Volta Atas ialah Piala Afrika (CAN) di tahun 1968 dimana team tidak melebihi step set penyisihan , kehilangan semua kompetisinya (pulang pergi) menantang Mali serta Aljazair. Baru pada edisi 1978 Volta Atas capai meja final. Semasa CAN ini, Stallions tersisih di set pertama dengan tiga kekalahan menantang Nigeria (2-4, Hien serta Koïta cetak cuma 2 gol dari team Volta), Zambia (0-2) serta Ghana (0 -3) 6.

Di tahun yang sama, timnas berperan serta untuk kali pertamanya di Piala Dunia Sepak Bola , tapi ditaklukkan di set pertama step penyisihan oleh Pantai Gading. Negara ini tidak mendaftarkan untuk dua edisi selanjutnya sebab kerangka politik.

Semasa periode ini, Upper Volta alami kekalahan paling besar pada 30 Agustus 1981, away, menantang Algeria , dengan score 7 gol jadi 0.

Mengejar perkembangan nama negara, asosiasi itu bertukar nama jadi Fédération burkinabè de football. Laga sah pertama dengan nama Burkina Faso dimainkan di dalam rumah, the28 Juli 1984, menantang Cina , serta usai seimbang (0-0). Iklim politik revolusioner negara menahan seleksi nasional untuk berperan serta dalam pertandingan internasional di antara tahun 1984 serta 1988.

Selanjutnya, Stallions tersisih di set penyisihan Piala Dunia semasa tiap usaha, serta capai meja final CAN cuma sekali di tahun 1996 di bawah instruksi pelatih Idrissa Malo Traore (diketahui untuk "penyabot") 7. Mereka selanjutnya tersisih dari set group dengan tiga kekalahan menantang Sierra Leone (2-1), Aljazair (2-1) serta Zambia (5-1)

CAN 1998 , yang diadakan di Burkina Faso , sinyal kesuksesan pertama team Burkina Faso, yang diperintah oleh pelatih selanjutnya Perancis Philippe Troussier serta pemain seperti kassoum Ouédraogo , Bebe kambou serta Seydou Traore. Semasa edisi ini, Stallions menghidupkan semangat terkenal dengan capai semi-final untuk kali pertamanya.

Di set pertama, Burkina Faso hampir tidak mengawali pertandingan dengan kalah pada laga pembukaan menantang Kamerun tapi selanjutnya memenangi dua kemenangan menantang Aljazair dan Guinea. Dua kesuksesan ini sangat mungkin Burkinabes untuk finish ke-2 di group mereka serta capai set perempat final untuk kali pertamanya. Di level ini, Stallions harus menanti beradu penalti untuk menaklukkan Tunisia. Di semi-final, mereka kalah dari Mesir , juara pertandingan 2 akan datang. Semasa final kecil menantang DR Kongo, Burkina pimpin 3-1 tapi kembali lagi dalam sepuluh menit paling akhir (4-4) serta pada akhirnya kalah dalam beradu penalti.

Kuda jantan tempati tempat ke-4 dalam pertandingan; Kassoum Ouédraogo ialah pembuat gol Burkinabè paling baik dengan 2 medali.

Comments

Popular posts from this blog

Tim sepak bola nasional Gambia

Tim sepak bola nasional Mauritania