Tim sepak bola nasional Gambia



Team sepak bola nasional Gambia , sebagai wakil Gambia dalam sepak bola internasional pria serta dikontrol oleh Asosiasi Sepak Bola Gambia. Sampai 1965, team serta negara, diketahui untuk Gambia Inggris. Belum pernah maju ke final Piala Dunia atau Piala Afrika. Team ini sebagai wakil FIFA serta Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF).

Di bawah nama British Gambia, team mainkan laga pertama mereka pada 9 Februari 1953 menantang Sierra Leone , menang 2-1 di kandang dalam laga pertemanan. [3] Pada bulan April 1963, team masuk kompetisi L'Amitié di Senegal, satu pertandingan khususnya untuk beberapa negara berbahasa Perancis. Mereka ditarik dalam barisan dengan team amatir Prancis, Volta Atas (saat ini Burkina Faso ) serta Gabon. Laga pertama mereka kalah 5-1 dari amatir Perancis pada 11 April. Gambia bermain seri 2-2 dengan Upper Volta pada 13 April, serta mempunyai hasil yang sama di hari selanjutnya menantang Gabon. Gambia tidak maju ke set selanjutnya.

Sesudah kompetisi di Senegal, Gambia tidak mainkan laga lain sampai 16 November 1968, saat mereka lakukan perjalanan ke Sierra Leone untuk mainkan teamnya dalam laga pertemanan serta kalah 2-1. Mereka bermain lagi di Sierra Leone dalam laga Gambia selanjutnya pada 24 April 1971, serta tuan-rumah menang 3-1. Pada 2 Mei 1971, Gambia lakukan perjalanan ke Guinea untuk laga pertemanan serta kalah 4-2. Pada 14 Mei 1972, Gambia kembali pada Guinea untuk laga kwalifikasi Afrika pertama mereka serta kalah 8-0 serta tersisih.

Di tahun 1975, Gambia masuk kampanye kwalifikasi pertama kalinya untuk Olimpiade Musim Panas 1976 di Kanada. Mereka ditarik di kwalifikasi menantang Guinea , serta kehilangan putaran pertama 1-0 di dalam rumah pada 27 April 1975. Putaran kedua hilang 6-0 di Guinea pada 1 Juni untuk Guinea maju 7-0 pada agregat.

Pada Agustus 1975, Gambia masuk kwalifikasi pertama mereka untuk Piala Afrika , dengan arah capai putaran final 1976 di Ethiopia. Mereka ditarik di kwalifikasi dua leg menantang Maroko serta kehilangan putaran pertama 3-0 pada 10 Agustus. Mereka kalah dengan score yang sama di leg kandang mereka pada 24 Agustus serta Maroko maju agregat 6-0.

Sesudah kampanye kwalifikasi untuk putaran final 1976, Gambia mainkan laga pertama mereka menantang team penuh Eropa, kalah 4-1 di kandang dari Denmark pada 30 Januari 1977. [4]

Pada Mei 2014, Gambia dilarang dari semua pertandingan CAF semasa 2 tahun sesudah menyengaja memalsukan umur pemain. [5]

Nasib bangsa bertambah dalam kwalifikasi untuk Piala Afrika 2019. Walau mereka tidak berhasil berhasil lolos, mereka membawanya ke putaran final laga, termasuk juga menggambar 2x dengan raksasa Afrika Aljazair.

Pada 13 November, dalam laga Group D pertama mereka dari kwalifikasi Piala Afrika 2021 , Gambia menaklukkan Angola 1-3 di Luanda. Ini ialah kemenangan pertama The Scorpions di kwalifikasi AFCON atau FIFA World Cup , pada usaha ke-40 mereka.

Stadion Kemerdekaan ialah stadion serba buat di Bakau , Gambia. Sekarang ini sejumlah besar dipakai untuk laga sepak bola, walau dipakai untuk konser musik, acara politik, pameran perdagangan serta perayaan nasional. Stadion ini memuat 30.000 orang.

Popular posts from this blog

Tim sepak bola Burkina Faso

Tim sepak bola nasional Mauritania