Tim sepak bola nasional Niger



Team sepak bola nasional Niger sebagai wakil Niger dalam sepak bola perkumpulan internasional lewat Asosiasi Sepak Bola Nigerien , anggota Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF). Niger bermain dalam beberapa warna bendera Niger , putih, hijau serta oranye. Nama panggilan mereka datang dari Dama gazelle , asli dari Niger, nama Hausa salah satunya ialah Meyna atau Ménas [5] Beberapa Dama tampil di lencana mereka dalam beberapa warna bendera nasional.

Walau salah satunya team yang semakin loyo di daerah Afrika Barat yang kuat, Niger sudah membuahkan pertandingan-pertandingan penting dalam kompetisi kwalifikasi.

Salah satunya performa paling baik mereka ialah dalam kwalifikasi Piala Dunia FIFA 1982 dimana Niger singkirkan Somalia serta Togo pada ketentuan gol tandang , tapi ditaklukkan oleh Aljazair di set ke-3 dimana cuma delapan team yang masih ada. Beberapa pemain penting dalam periode ini termasuk juga Jacques Komlan, Hassane Adamou serta Moussa Kanfideni.

Di tahun 1990, mereka cetak rekor dengan menaklukkan Mauritania 7-1 di kwalifikasi benua, margin score positif paling tinggi untuk Mena.

Di kwalifikasi Piala Afrika 2004 , Niger memenangi semua laga kandang mereka (termasuk juga kemenangan atas Guinea ) untuk finish dengan sembilan point, cuma tiga kekurangan kwalifikasi.

Pasukan Niger terusik oleh permasalahan keuangan, yang sudah mengakibatkan mereka menarik diri dari kompetisi internasional lebih satu kali. The Asosiasi Sepakbola Nigerien akan berpaling ke penggalangan dana untuk bayar untuk perjalanan mereka ke Piala Afrika 2010 dari Bangsa di Angola , mempunyai mereka penuhi ketentuan. [8]

Pada 10 Oktober 2010, Niger mendapatkan surprise menang 1-0 atas Mesir di kandang dalam kwalifikasi Piala Afrika 2012.

Walau tidak berhasil jalankan AFCON 2010, Niger jadi tuan-rumah serta memenangi Kompetisi UEMOA pada November 2010, serta tindak lanjuti dengan kwalifikasi pertama mereka untuk Kejuaraan Bangsa-Bangsa Afrika pada Februari 2011. [9]

Sesudah kemenangan kandang atas Afrika Selatan serta Sierra Leone , pada 8 Oktober 2011 Niger maju ke Piala Afrika untuk kali pertamanya dalam sejarahnya, walau kalah 3-0 di Mesir. [10] [11] Niger, Afrika Selatan, serta Sierra Leone semua usai dengan sembilan point, tapi Niger berhasil lolos karena rekor unggul head-to-head menantang lawan mereka.

Pada Piala Afrika 2012 , Niger diletakkan di Group C bersama-sama tuan-rumah bersama-sama Gabon , Tunisia serta Maroko. Dalam laga pembukaan mereka, Niger kalah 2-0 dari Gabon, sesaat menantang Tunisia di Libreville , Niger ketinggalan 1-0 pada gol awal dari Youssef Msakni dimana dia membawa bola lewat jalannya untuk gol yang bagus sesudah cuma empat menit. William N'Gounou , selanjutnya, membuat riwayat dengan cetak gol pertama Niger di Piala Afrika. Hasil seimbang 1–1 nampak kemungkinan, tapi Issam JemâaTujuannya akan hilangkan Niger dari kompetisi. Dalam laga paling akhir, Niger hadapi Maroko dalam laga yang tampilkan dua faksi yang telah tersisih dari kompetisi. Younès Belhanda cetak gol pada assist dari Marouane Chamakh cuma 11 menit dari waktu untuk memberikan Maroko kemenangan 1-0. [12]

Selanjutnya pada 2012, Niger mengulang kesuksesannya dalam kwalifikasi Piala Afrika dengan menaklukkan Guinea dalam seri dua kaki untuk maju ke Piala Afrika 2013. Guinea memenangi laga pertama 1-0, tapi Niger menang 2-0 di putaran kedua. Pembuat gol Mohamed Chikoto serta Issoufou Boubacar sudah kirim Niger ke kompetisi Piala Afrika yang lain. [13]

Dalam laga pertama mereka di Piala Afrika 2013, Niger kalah 1-0 dari Mali di Stadion Nelson Mandela Bay di Port Elizabeth. Kapten Mali Seydou Keita memberi kemenangan yang susah pada bangsanya lima menit sebelum akhir tatap muka. Niger selanjutnya memperoleh point pertama mereka di Piala Afrika sesudah menggenggam DR Kongo seimbang 0-0. Di laga ke-3, Ghana menaklukkan Niger 3-0 untuk capai perempat final untuk juara Group B. [14] Niger finish dibagian bawah group.

Pada 22 Mei 2014, Niger mainkan laga pertemanan menantang Ukraina , mengidentifikasi laga pertama menantang negara Eropa. Oumarou Bale cetak gol di menit ke-56, menggagalkan gol di menit ke-20 dari Ivan Ordets sebelum Ukraina menang dengan 1 gol dari Taras Stepanenko waktu laga usai 2-1.

Popular posts from this blog

Tim sepak bola nasional Gambia

Tim sepak bola Burkina Faso

Tim sepak bola nasional Mauritania